Terkadang kita ingin membuat sebuah sub direktori yang diproteksi di direktori web kita. Ada bermacam cara yang dapat digunakan untuk memproteksi sebuah direktori di direktori web kita.Cara pertama adalah dengan membuat program kecil yang ketika publik mengakses direktori tersebut akan memunculkan tantangan untuk memasukkan informasi yang tepat. Program ini dapat dibuat dengan berbagai macam bahasa skrip seperti PERL, PHP, Ruby atau Python. Atau bahasa pemrograman lainnya yang tentunya harus disesuaikan dengan web server yang digunakan.

Di sini saya akan menggunakan sebuah cara yang memanfaatkan sebuah modul web server Apache yang bernama AuthBasic. Modul ini biasanya telah terinstal dan dimuat ketika kita menginstalasi Apache.

Dengan asumsi direktori web adalah /var/www/html dan sub direktori yang ingin diproteksi adalah /var/www/html/protek , gunakan perintah:

htpasswd -c /var/www/html/protek/.htpasswd kerucut

Silakan masuk ke direktori /var/www/html/protek maka Anda akan mendapatkan sebuah file bernama .htpasswd dan ketika dibuka akan berisi kira-kira seperti

kerucut:a4tzYvr$KCs3eyK1O9adfa780adf2449

Berarti anda telah berhasil membuat berkas .htpasswd.

Langkah selanjutnya memberitahukan ke web server Apache untuk menggunakan modul AuthBasic di direktori tersebut. Buatlah sebuah berkas dengan nama .htaccess, yang berisi:

AuthType Basic
AuthName "Password Required"
AuthBasicProvider file
AuthUserFile /var/www/html/protek/.htpasswd
require valid-user

Coba buka direktori di browser Anda, misalkan beralamat http://www.contoh.com/proteksi, maka Anda akan diminta untuk mengisikan nama dan password yang telah anda buat sebelumnya.

Salam.

Advertisements